Tuesday, October 16, 2018

Bagaimana Susu Membantu Pertumbuhan Otak Anak?

1000 hari pertama bagi anak adalah masa-masa yang paling penting bagi dirinya. Hal ini dikarenakan 1000 hari ini dipercaya sebagai masa emas pertumbuhan si Kecil. Banyak ahli berpendapat untuk benar-benar memperhatikan masa 1000 hari ini karena apabila tidak, akan ada bagian penting yang hilang yang dapat membangun kognisi, keterampilan sosial anak, dan kemampuan untuk dapat menulis dan membaca. Dalam kata lain, keterampilan-keterampilan yang terganggu adalah keterampilan yang berpengaruh dengan pertumbuhan otak anak.
Pertumbuhan otak pada anak erat kaitannya dengan nutrisi bayi yang diterimanya, dari antara usia pertengahan kehamilan Bunda hingga ia berusia dua tahun. Si Kecil yang kekurangan nutrisi cenderung mempunyai ukuran otak yang lebih kecil dari biasanya, sebagai akibat kurangnya pertumbuhan dendritik, kurangnya myelin, dan kurangnya produksi glia yang mendukung sel-sel di otak untuk terus terbentuk setelah lahir. Hal ini juga akan berpengaruh pada efek jangka panjang kehidupan anak. Untuk terhindar dari hal-hal ini, Bunda dapat membantu pertumbuhan otak si Kecil dengan asupan bergizi, salah satunya melalui susu pertumbuhan otak anak.
Pemberian ASI pada 6 bulan pertama anak merupakan langkah awal agar bayi tidak kekurangan nutrisi. ASI mengandung nutrisi-nutrisi paling baik untuk meningkatkan pertumbuhan otak si Kecil. Beberapa studi menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI eksklusif selama sekurang-kurangnya 3 bulan memiliki perkembangan otak yang lebih baik pada usia 2 tahun daripada anak yang tidak mendapatkannya. Studi lain juga menunjukkan bahwa tinggi IQ anak berbanding lurus dengan lamanya pemberian ASI pada anak.
Setelah melewati usia 6 bulan, Bunda dapat memberikan asupan bernutrisi lainnya untuk membantu pertumbuhan otak si Kecil, seperti zat besi yang biasanya terkandung dalam susu formula. Zat besi ini sangatlah penting untuk menjaga jumlah oksigen yang cukup untuk membawa sel darah merah, yang juga menjadi bahan bakar pertumbuhan otak anak.
Laju myelin yang cepat pada awal-awal kehidupan si Kecil juga membuat anak membutuhkan tingkat lemak yang tinggi dalam asupan mereka hingga ketika mereka menginjak usia 2 tahun. Lemak ini bisa didapatkan dari ASI pada tahun pertamanya. Setelahnya, susu formula yang berasal dari susu sapi dapat diberikan untuk anak karena menyediakan sumber lemak dan protein yang sangat baik untuk mereka.
Nutrisi untuk perkembangan otak si Kecil dalam bentuk susu biasanya dibutuhkan untuk memenuhi protein yang dibutuhkannya. Kekurangan protein bagi anak akan sangat mempengaruhi IQ anak. Protein juga membantu sel otak dalam berkonsentrasi maupun mengirim dan menerima informasi.
Selain itu juga, susu pertumbuhan untuk otak anak biasanya banyak mengandung vitamin-vitamin, sama seperti yang terkadung pada bayam dan kale. Vitamin-vitamin ini seringkali dikaitkan dengan pertumbuhan sel-sel baru pada otak dan mengandung banyak antioksidan. Tidak lupa juga omega-3 dan DHA yang biasanya dapat ditemui pada ikan. Omega-3 akan menjaga otak dari penurunan keterampilan mental dan gangguan memori anak. Semakin banyak anak mendapatkan asupan yang mengandung omega-3, maka semakin baik pula fungsi otak sehingga anak dapat lebih fokus.
Susu pertumbuhan anak banyak mengandung nutrisi yang penting untuk pertumbuhan otaknya. Namun, kunci utama yang dapat Bunda lakukan untuk membantu pertumbuhan anak adalah dengan cara memberikannya nutrisi sesuai dengan usianya. Perhatikan pula batas usia, dan pemilihan susu pertumbuhan anak yang dibutuhkan si Kecil karena semakin ia bertambah usianya, semakin ia membutuhkan nutrisi yang dapat mengimbangi aktivitasnya. Jangan lupa untuk mengimbangi asupan anak dengan makanan bergizi lainnya.

No comments:

Post a Comment