Thursday, August 23, 2018

Khawatir Si Kecil Yang Aktif Terlalu Kurus? Ini Cara Memilih Susunya


Si kecil sudah berusia 3 tahun dan tumbuh menjadi anak yang aktif. Dia suka berlari kesana kemari, bergaul sama tetangga dan teman-teman, bermain bola dengan ayahnya, bersepeda dan lain-lain. Bunda senang melihat perkembangannya, namun bunda dan keluarga menilai si kecil terlalu kurus. Apakah si kecil perlu mengurangi sisi aktifnya sehingga makanan tercerna baik? Atau Si kecil perlu konsumsi produk susu pertumbuhan anak yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini.

Anak yang sehat adalah anak yang aktif. Alasannya sederhana, anak yang aktif atau banyak bergerak cenderung menjadi anak yang memiliki tubuh yang sehat. Keinginan mereka untuk aktif juga sangat didasari oleh anak usia 3 tahun yang sedang mengalami perkembangan otak secara maksimal. Bila bunda pernah memahami makna golden age, maka bunda akan menyadari kalau si kecil sedang menyerap apapun yang berada di lingkungannya dan dia senang eksplorasi. Jadi bunda jangan mengurangi sisi aktifnya ya. Kalau bunda khawatir kalau dia adalah anak hiperaktif, bunda bisa membaca penjelasannya di artikel berikut ini.

Kalau aktif bukanlah masalah lagi, maka kita akan membahas nutrisi untuk si kecil. Anak-anak usia 3-5 tahun perlu mendapatkan makanan yang seimbang. Makanan si kecil haruslah lengkap dari protein, pati, sayur-sayuran dan buah-buahan. Protein bisa bunda dapatkan lewat makanan berunsur daging, telur dan kacang-kacangan. Pati adalah makanan seperti beras putih, merah, kentang, ubi atau makanan-makanan yang mengandung karbohidrat. Jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dengan susu yang baik; salah satunya adalah Susu Dancow 3+.

Alasan susu Dancow mendukung pertumbuhan si kecil adalah dia memiliki semua kandungan nutrisi yang dimiliki untuk anak usia 3 tahun. Ditambah lagi susu Dancow juga mengandung bakteri Lactobasillus yang dipercaya dipercaya bagus untuk saluran cerna si kecil. Bunda tahu anak yang senang eksplorasi juga rentan terkena penyakit seperti diare, makanya bakteri baik ini menjaga si kecil dari diare. Hal ini juga akan mengurangi kemungkinan si kecil memiliki berat badan di bawah normal. Selain itu, Dancow mengandung DHA, Omega-3 dan 6 yang bagus untuk perkembangan otak anak. Kalsium yang mendukung pertumbuhan fisik atau tinggi badan anak juga berada dalam kandungan susu anak ini. Kesimpulannya, bunda bisa memberikan Dancow 3+ sebagai susu yang cukup seimbang sebagai makanan tambahan.

Setelah itu bunda perlu memastikan kalau si kecil mengkonsumsi cukup susu. Si kecil yang berusia 3 tahun perlu konsumsi 2 gelas susu setiap hari. Bila si kecil senang konsumsi produk susu lainnya seperti keju, yogurt dan lain-lain maka si kecil bisa mengurangi susu yang perlu diminum. Niscaya si kecil tidak akan kekurangan asupan gizi.

Bila bunda telah memastikan nutrisi si kecil terpenuhi dan menurut bunda dia masih kurus, bunda mungkin perlu mencari tahu berat badan normal anak usia 3 tahun. Anak laki-laki yang memilki berat 11-16 kg dan anak perempuan 10-12 kg adalah berat badan normal. Bila berat badan berada diantara 10-11 kg, anak laki-laki bunda boleh dibilang kurus. Sementara anak perempuan yang kurus memilki berat badan berkisar 9-10 kg. Anak yang kurus boleh diberikan makanan tambahan bergizi lainnya. Namun, si kecil yang memilki berat badan lebih rendah dari anak yang kurus, perlu dibawa ke dokter. Si kecil berarti mengalami malnutrisi. Si kecil yang berada di atas berat badan normal, perlu melakukan diet.

Setelah membacanya, apakah bunda sudah agak tenang dan tahu produk susu pertumbuhan yang baik? Semoga bermanfaat informasinya.

No comments:

Post a Comment