Monday, July 30, 2018

Pentingnya Susu Untuk Anak 3 Tahun


Susu untuk anak usia 3 tahun merupakan pelengkap nutrisi hariannya. Saat anak menginjak usia ke tiga, ia sudah siap memulai masa sekolah, dengan mengikuti pendidikan anak usia dini atau kelompok bermain. Bersama teman-temannya, ia akan mengeksplorasi semua yang ada disekitarnya. Ia sudah siap untuk belajar.

Untuk itu, memenuhi asupan nutrisi terbaik bagi anak adalah kewajiban setiap orang tua. Pada usia 3-6 tahun anak memasuki periode pra sekolah atau early childhood. Semua bisa menjadi arena belajar.

Periode Emas Anak Usia 3-6 Tahun
Masa ini, anak mulai berminat untuk bersosialisasi. Rasanya, bermain bersama ibu saja dirumah, tak akan cukup. Ia akan memulai kehidupan luarnya dari lingkungan terdekat hingga sekolah. Kemudian, anak sudah mampu membedakan jenis kelamin. Mereka mulai memiliki kecenderungan bermain dengan sesamanya, dan membentuk kelompok. ‘keakuannya’ mulai muncul. Pada fase ini, ia mulai ingin diakui.

Masa-masa berimajinasinya menjadi luas. Anak akan mulai bermain peran bersama teman-temannya. Disinilan sosial, emosional, dan intelegensi nya mulai berkembang dengan sangat pesat. Anak mulai mampu berargumen. Tak jarang, terjadi konflik kecil diantara mereka. Itu wajar. Saat ini self defense mulai menguat.

Pada usia 3-6 tahun, bisa juga disebut sebagai questioning age. Dimana anak akan banyak bertanya apa saja. Televisi ikut andil besar dalam mempengaruhi emosionalnya. Jadi, orang tua wajib mendampingi anak menonton TV atau Video ya. masa-masa kritis akan mencapa puncaknya saat anak berusia 6 tahun. Pertanyaan ‘apa’, ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ seringkali munucul dari mulut kecilnya. Orang tua harus pandai-pandai memberi jawaban yang logis.

Secara fisik, anak usia 3-6 tahun tak menunjukan peningkatan yang signifikan. Namun, sebaliknya, otaknya berkembang sangat pesat dalam mengolah informasi yang ada disekitarnya. Pada usia ini kesadaran dirinya mulai meningkat. Tak jarang ia ingin mendominasi dalam suatu kelompok.

Perkembangan motorik anak usia prasekolah lebih kompleks. Anak sudah mulai bisa melakukan segala yang menyangkut dirinya sendiri. Bisa dikatakan anak sudah mulai mandiri. Dimulai dari makan, memakai dan melepas pakaian dan sepatu, bermain dan sebagainya. Pada motorik halusnya, anak sudah mulai dapat diajak mewarnai, belajar menggunting, menempel, dan membuat prakarya.

Nutrisi Penting Untuk Anak Usia 3-6 Tahun
Nutrisi merupakan komponen penting dalam mengawal tumbuh kembang anak. Terlebih, anak usia prasekolah sudah mulai dapat memilih makanannya sendiri. Sehingga ibu harus lebih pintar menarik minat makan pada anak. Menu 4 sehat 5 sempurna adalah yang terbaik. yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan kalsium.

Menu harian yang bervariasi dapat menunjang kebutuhan gizi harian si kecil. makanan padat nutrisi, seperti sayur dan buah lebih baik untuk dikonsumsi daripada makanan cepat saji yang tinggi lemak namun minim serat dan nutrisi. Kemudian, lengkapi nutrisi si kecil dengan pemberian susu secara rutin.

Manfaat Susu Yang Baik Untuk Anak
Susu adalah penyuplai kalsium yang baik untuk anak. Untuk membentuk tulang dan gigi yang sehat, anak dianjurkan untuk mengkonsumsi susu 2-3 gelas dalam sehari. Penyajian susu secara tepat juga diperlukan, untuk menjaga kandungan nutrisi dan kesehatan anak. Perhatikan tiap kemasannya, disana tertera saran penyajian dan aturan yang harus diikuti.

Beberapa Manfaat yang terdapat pada susu pertumbuhan adalah:
·         Menjaga Kepadatan Tulang dan Gigi
Susupertumbuhan anak untuk usia 3-6 tahun memiliki kandungan kalsium yang tinggi. dan dilengkapi denga vitamin dan mineral, susu nyatanya sangat baik untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi anak. Dimasa tumbuh kembangnya, anak memerlukan asupan kalsium dan nutrisi penting lainnya. Untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

·         Meningkatkan fungsi otak secara optimal
Sel Otak sudah mulai tumbuh sejak anak bayi ada dalam kandungan. Dan setelah si kecil lahir ke dunia, milyaran sel otak tersebut mulai berkembang dan terkoneksi. Penting stimulasi adalah untuk merangsang perkembangan otak anak di usia emasnya. Termasuk dengan pemenuhan nutrisi hariannya. Nutrisi penting yaang berfungsi untuk mendukung perkembangan otak secara optimal adalah asam esensial, yakni AA, DHA, dan EPA. Selain untuk otak, ketiga komponen penting tersebut dapat menjaga kesehatan mata.

·         Mencegah diabetes
Kandungan kalsium dan magnesium lah yang berperan dalam mencegah anak terhindar dari penyakit diabetes tipe 2. Pilih susu dengan kandungan rendah lemak dan sukrosa. Ini dapat menjaga kadar insulin dalam darah si kecil.

·         Meningkatkan daya tahan tubuh
Kini, susu yang bagus untuk anak 3-6 tahun mengandung prebiotik. Yakni FOS dan GOS. Kedua komponen ini berfungsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Yakni, dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dan mengurangi jumlah bakteri jahatnya. Selain itu, kandungan FOS dan GOS juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Sehingga anak tak mudah sakit.

Pemberian susu anak 3 tahun sebanyak 3 gelas dalam sehari mampu melengkapi kebutuhan nutrisi penting dalam tumbuh kembangnya. Namun begitu, orang tua juga harus mewaspadai terjadinya alergi susu sapi pada anak. Gejala yang ditimbulkan biasanya, terjadi diare atau muntah beberapa saat setelah minum susu. Jika begitu, segera konsultasikan kepada dokter spesialis anak untuk mendapatkan solusi yang tepat. Atau, anda dapat mengganti susu pertumbuhannya dengan susu soya. Dengan 100% isolat protein kedelai, Susu soya pun mampu memenuhi nutrisi harian anak. Dengan aroma dan rasa vanila yang lezat, anak-anak pasti suka.

No comments:

Post a Comment