Thursday, July 26, 2018

Susu Balita Terbaik Dengan Komposisi Seimbang



Susu balita terbaik memilik komponen penunjang nutrisi harian anak secara lengkap. ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi. Sayangnya, setelah si kecil menginjak usia 1 tahun, kebutuhan nutrisinya pun turut bertambah. Sedangkan ASI hanya mampu memenuhi sekitar 30% kebutuhan nutrisi hariannya. Untuk itu, dianjurkan untuk memberikan susu pertumbuhan sebagai pendamping menu makanan sehari-harinya.

Susu pertumbuhan atau biasa juga disebut dengan susu formula, terdiri dari beberapa golongan. Anda harus cermat dalam memilih susu untuk buah hati Anda. Pertama, susu harus sesuai dengan usia anak ya. karena, semua sudah disesuaikan dengankebutuhan nutrisi di tiap tahap perkembangan dan pertumbuhan si kecil. selain itu, anda juga harus lebih cermat dalam membaca kemasan susu formula. Kandungan yang terdapat pada susu, terkadang berbeda dari satu produk dengan yang lain. sesuaikan dengan kebutuhan putra putri Anda.

Kandungan Susu Pertumbuhan Yang Baik Untuk Anak
Susu yang bagus untuk anak, memiliki nutrisi yang lengkap. Selain untuk mendukung tumbuh kembang fisik, juga untuk kecerdasannya. Beberapa kandungan susu yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak adalah sebagai berikut:

·         Kalsium
Mengkonsumsi susu sebanyak 3 gelas dalam sehari dapat mencukupi kebutuhan kalsium bagi si kecil. kalsium umum terdapat dalam kandungan susu. Manfaat utama dari kalsium selain untuk menjaga kepadatan tulang, juga dapat mendukung pertumbuhannya. Susu dengan kandungan kalsium yang tinggi, sangat baik untuk pertumbuhan anak. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk kesehatan gigi. Agar, gigi menjadi kuat dan tidak keropos.

·         Asam Lemak Essensial
Asam lemak essensial, seperti AA, DHA, EPA tak dapat diproduksi oleh tubuh. Sehingga harus dipenuhi dari asupan makanan dan minuman. Fungsinya apa sih? Ketiga komponen tersebut mampu mendorong perkembangan otak anak. Sehingga si kecil dapat tumbuh dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. juga, untuk menjaga kesehatan mata.

Omega 3 dan omega 6 juga termasuk dalam golongan asam lemak essential, yakni lemak baik yang keberadaannya sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil. selain untuk kecerdasan, juga dapat menjaga kesehatan rambut, kuku, dan kulit. Omega 3 dan omega 6 bekerja bersama untuk juga mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh pada anak.

·         Prebiotik
FOS dan GOS berfungsi untuk memelihara kesehatan saluran cerna. Selain itu, keduanya juga bermanfaat untuk menjaga tubuh anak agar tak mudah sakit. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus untuk melawan bakteri jahat yang menyebabkan diare.

·         Vitamin
Beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam susu anak balita, ialah vitamin A, D,E dan K. Seperti yang kita ketahui, bahwa vitamin D sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang. Lalu, Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Sedangkan vitamin E untuk memelihara kulit anak agar tetap sehat. Dan vitamin K, kegunaannya hampir sama dengan vitamin D yakni untuk memelihara kesehatan tulang. Dan bermanfaat juga dalam proses pembekuan darah.

Perbedaan Antara Susu UHT dan Susu Formula
Memilih susu yang baik untuk balita, merupakan tugas utama orang tua. Selain untuk memenuhi nutrisi hariannya, juga untuk mendukung tumbuh kembang si kecil di masa emasnya. Lalu, lebih bagus susu uht atau susu formula untuk anak?

Susu UHT adalah susu segar yang diproses dengan cara dipanaskankan dalam suhu yang sangat tinggi dalam waktu singkat. Hanya sekitar 2-5 detik saja. tujuannya untuk dapat membunuh mikroorganisme yang terdapat dalam susu. Kandungannya masih sama seperti aslinya.

Sedangkan susu formula adalah susu segar yang dikeringkan dengan cara pengeringan semprot atau spray drying. Ada yang dengan tambahan kandungan lain, seperti skim, lemak dan protein, namun ada juga mempertahanka kandungan aslinya. Untuk susu formula bayi dan anak diatas 1 tahun, kandungannya dibuat menyerupai ASI, namun tentu dengan segala keterbatasannya sehingga tak dapat benar-benar sama dengan ASI.

Untuk balita diatas 1 tahun, sudahb dapat mengkonsumsi susu uht yang peruntukkan untuk anak 1 tahun keatas. Keduanya memiliki nutrisi yang sama baiknya, dan mengandung kebaikan susu sapi.

Memilih Susu Yang Bagus Untuk Anak
Memberikan yang terbaik bagi anak, bukan masalah murah atau mahal. Namun, lebih kepada kesesuaian. Yaitu, yang pertama, sesuaikan dengan kebutuhan anak. Bagi anak yang intoleran terhadap susu sapi, tentu harus diberikan susu soya. Kandungan susu soya mungkin tak sama dengan susu sapi. Tapi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi balita dan anak-anak. Dengan 100% kandungan isolat protein, susu nutrilon soya mampu dicerna dengan baik dan cocok untuk anak-anak dan balita yang intoleran dengan susu sapi.

Yang Kedua, sesuaikan dengan rasa yang disukai anak. Meskipun tak mengandung sukrosa, tapi Nutrilon memiliki rasa yang enak. Dengan varian vanilla yang lezat, susu nutrilon 3 akan sangat digemari oleh anak usia 1-3 tahun.

Yang Ketiga, sesuaikan dengan usia anak. Beberapa golongan susu untuk balita, adalah untuk anak 1-3 tahun dan untuk anak usia 3-6 tahun. Penggunaannya tentu harus disesuaikan dengan usia anak ya. karena kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan nutrisi anak dan fase tumbuh kembangnya.

Susu balita terbaik diberikan dengan tujuan untuk mendampingi si kecil melewati fase aktifnya. Rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya membutuhkan dukungan baik dari segi makanan, stimulasi dan dampingan orang tua. Untuk itu, berikan susu dengan kandungan nutrisi terbaik agar dapat mendukung dan  melindungi anak selangkah lebih maju.

No comments:

Post a Comment