Thursday, July 26, 2018

Bahaya Konsumsi Susu Anak 1 Tahun Berlebihan

Susu biasanya bagus untuk si kecil dan sumber dari berbagai vitamin seperti protein, lemak, vitamin D dan kalsium. Namun orang tua suka memberi susu berlebih termasuk susu anak 1 tahun karena si kecil menyukainya. Padahal kebanyakan minum susu bisa berbahaya loh bunda. Apalagi si kecil sudah berusia 1 tahun.
Buat bunda yang belum tahu takaran susu formula bayi 1 tahun, inilah takarannya. Anak usia 1 tahun cukup diberi 2-3 botol susu formulla dan takarannya tidak lebih dari 24 ons setiap harinya. Bila si kecil diberi makanan yang mengandung susu seperti yogurt, keju, puding dan lain-lain; takarannya susu formula pun perlu lebih dikurangi.
Pada saat memilihan susu, bunda juga perlu memastikan susu yang diminum si kecil memiliki gizi yang seimbang. Pencernaan si kecil juga perlu cocok dengan susu yang bunda pilih si kecil bisa bertumbuh dengan sehat setiap harinya.
Nah, sekarang mari kita simak bahaya si kecil minum susu berlebihan.
1. Sulit buang air besar
Bayi yang terlalu banyak konsumsi susu cenderung mengalami sulit buang air besar. Susu jarang sekali mengandung serat. Si kecil yang minum susu kebanyakan cenderung tidak mau makan makanan lain. Padahal kandungan seratnya ada pada makanan lainnya. Akibatnya konstipasi pun tidak bisa dihindari.
2. Kegendutan
Bila si kecil susah buang air besar, kemungkinan besar si kecil memiliki terlalu banyak kalori. Kalori yang berlebihan ini membuat si kecil selalu kenyang dan tidak mau makan makanan bergizi lainnya. Sekalipun mereka masih makan makanan lain, mereka malah cenderung memiliki bayi dengan berat badan berlebih. Bayangkan si kecil yang minum susu lebih dari 32 ons per hari. Setiap ons mnuman memiliki 19 kalori jadi si kecil sudah konsumsi 456 kalori hanya dari susu saja. Padahal dia hanya membutuhkan 1300 kalori setiap harinya. Jika bunda memberikan buah ke si kecil, bisa-bisa seluruh kebutuhan kalorinya sudah terpenuhi. Masalahnya susu dan buah tidak memberikan dia cukup lemak, protein, karbohidrat, vitamin dan air mineral.
3. Kekurangan zat besi
Masalah ketiga bagi si kecil yang minum terlalu banyak susu adalah anemia atau kekurangan zat besi. Susu anak 1 tahun biasanya jarang memiliki zat besi atau kurang dari biasa dibutuhkan si kecil. Jika mereka kenyang dengan minum susu, mereka tidak akan makan lagi makanan yang kaya akan zat besi. Bila anemia semakin parah, si kecil mungkin perlu transfusi darah.
Bila si kecil mengalami salah satu dari 3 gejala di atas, bunda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:
1. Bunda perlu mengurangi konsumsi susu pada si kecil.
2. Bunda bisa menyiapkan makanan-makanan yang bergizi namun menarik bagi si kecil. Misalkan bento-bento lucu namun kaya akan berbagai bahan makanan lainnya seperti daging, sayur dan buah-buahan
3. Bunda bisa mengajak si kecil makan bersama keluarga agar dia lebih menikmati makan makanan yang serupa dengan makanan orang dewasa
4. Ketika si kecil sudah berusia 2 tahun, bunda bisa mengganti susu full cream menjadi susu skim atau susu rendah lemak
5. Bila si kecil tetap tidak mau makanan yang bunda sediakan dan lebih memilih susu, bunda bisa membawa ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Namun bila si kecil tidak mengalami kekurangan zat besi, makan makanan dengan baik, tidak sulit buang air besar dan berat badannya normal sekalipun minum susu di luar takaran susu formula bayi 1 tahun, maka keinginan si kecil suka minum susu bukan masalah yang perlu bunda khawatirkan.

No comments:

Post a Comment