Monday, April 29, 2019

Manfaat Susu Untuk Kesehatan yang Sering Tidak Diacuhkan


Siapa bilang manfaat susu untuk kesehatan hanya berlaku pada anak-anak? Susu juga banyak memberi manfaat bagi orang dewasa dengan kandungannya yang kaya nutrisi. Namun hal ini hanya jika susu diminum dalam jumlah takaran yang tepat.
Meski kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan, susu cukup diminum 2-3 kali sehari baik anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini tidak lain agar manfaat yang diberikan oleh susu lebih maksimal tanpa membawa efek buruk. Apalagi susu dikenal menjadi minuman menyehatkan yang baik diminum sejak kecil hingga dewasa.
Manfaat Susu Untuk Kesehatan
Susu mengandung nutrisi yang cukup lengkap meliputi mineral, protein, lemak, vitamin, dan laktosa. Masing-masing kandungan pada susu ini memiliki perannya sendiri dalam membantu mengoptimalkan kinerja dalam tubuh. Nah, berikut ini beberapa manfaat menyehatkan yang bisa didapat dari susu:
1.     Menjaga Tulang dan Gigi Tetap Sehat
Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik yang menutrisi tulang agar tetap sehat. Maka tidak heran jika manfaat susu untuk kesehatan tulang sudah banyak diketahui. Bahkan tidak hanya menjaga tulang orang dewasa sehat, susu juga dapat mendukungpertumbuhan tulang anak. Selain itu, fluor dari susu juga mampu mencegah gigi mengalami kerusakan.
2.     Melengkapi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh
Pada dasarnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh didapat dari makanan yang dikonsumsi. Namun nutrisi dari makanan saja belum tentu lengkap dan mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh. Karena itu, dengan kandungannya yang hampir sempurna, susu dapat dijadikan pelengkap nutrisi yang baik. Terutama untuk si kecil yang masih suka pilih-pilih makanan.
3.     Membangun dan Memulihkan Otot
Salah satu kandungan dalam susu berupa protein berguna untuk membantu pembentukan otot dan memulihkannya. Sehingga sangat cocok diminum saat tubuh capek dan lelah setelah beraktivitas. Bahkan lemak tak jenuh susu dapat mempertahankan massa otot sehingga tepat dikonsumsi bagi mereka yang rutin berolahraga untuk membentuk otot.
4.     Menghilangkan Stres
Bagi sebagian orang, minum susu di malam hari sudah menjadi rutinitas wajib menjelang waktu tidur. Kebiasaan ini diyakini dapat membuat seseorang mudah tidur dengan nyenyak. Hal ini didasari dengan khasiat susu untuk kesehatan tubuh yang mampu meregangkan otot dan menenangkan saraf. Yang mana kondisi ini akan membuat tubuh rileks dan stres juga hilang.
5.     Mengontrol Berat Badan Tetap Ideal
Disadari atau tidak, orang yang rutin minum susu dengan takaran yang tepat cenderung memiliki berat badan ideal. Pasalnya dengan manfaat susu yang bisa membentuk dan mempertahankan massa otot, maka berat badan dapat tetap sehat. Namun hal ini tentu jika susu tidak mengandung gula tambahan berlebih dan konsumsi makanan lain yang tidak sehat.
6.     Menyehatkan Kulit
Meski jarang diketahui, namun kandungan yang terdapat dalam susu dapat membantu menyehatkan kulit. Seperti asam laktat yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit, asam amino yang bisa melembabkan kulit dan antioksidan yang akan melindungi kulit dari paparan polusi.
7.     Meringankan Gejala PMS
Khusus untuk wanita, susu dapat membantu meringankan gejala PMS (sindrom pra menstruasi) seperti lelah, letih, pusing dan nyeri perut. Dengan manfaat susu bagi kesehatan yang satu ini, wanita yang sering mengalami gejala PMS dapat lebih berenergi untuk melakukan aktivitas. Serta terhindari dari berbagai gejala PMS tersebut dengan minum susu.
Bahaya Susu Untuk Kesehatan Tubuh
Tidak hanya memberi banyak manfaat bagi kesehatan, susu juga bisa menimbulkan dampak membahayakan bagi tubuh. Kondisi ini mungkin terjadi jika susu diminum dalam jumlah yang berlebih dan tidak sesuai aturan. Beberapa kondisi berbahaya bagi kesehatan yang bisa diakibatkan oleh susu antara lain yaitu:
1.     Mual dan Muntah
Meski mempunyai rasa enak yang bervariasi, namun ada juga orang yang tidak suka rasa susu hingga membuatnya mual dan muntah. Namun tidak itu saja, kondisi seperti ini juga bisa disebabkan karena alergi kandungan susu sapi. Jika sering merasa mual dan muntah setelah minum susu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti apa penyebabnya.
2.     Alergi
Selain mual dan muntah, susu juga bisa menyebabkan alergi seperti ruam, bengkak, gatal hingga diare. Alergi ini akan muncul jika seorang intoleran laktosa atau alergi protein susu sapi. Baik anak-anak maupun orang dewasa semuanya bisa mengalami kondisi ini. Karena itu, meski manfaat susu bagi kesehatan banyak, sebaiknya hindari mengonsumsinya jika memiliki alergi.
3.     Gangguan Pencernaan
Gangguan saluran cerna seperti sembelit atau diare bisa saja disebabkan karena susu. Hal ini karena susu tidak mengandung serat yang baik untuk saluran cerna sehingga tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak. Terlebih lagi jika perut tidak mampu memproses protein pada susu, risiko untuk terkena gangguan pencernaan karena susu akan semakin tinggi.
4.     Gizi Tidak Seimbang
Susu memang dikenal sebagai minuman yang mengandung nutrisi hampir lengkap. Namun tetap saja, ada kandungan lain yang tidak bisa dipenuhi dengan susu. Agar bahaya susu yang satu ini dapat dihindari, minumlah susu sesuai aturan dengan takaran tepat dan diimbangi konsumsi makanan sehat.
5.     Obesitas
Risiko obesitas menjadi cukup tinggi ketika pada usia balita anak-anak terlalu banyak mengonsumsi susu. Protein dan gula tambahan susu yang menumpuk di dalam tubuh memicu naiknya berat badan sehingga terjadi obesitas. Di mana kondisi obesitas ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan lainnya.
Jadi penting untuk diketahui meski manfaat susu untuk kesehatan anak-anak dan orang dewasa sangatlah banyak, namun pastikan konsumsinya sesuai aturan. Karena dengan begitu, manfaat susu yang diperoleh tubuh menjadi lebih maksimal.

No comments:

Post a Comment