Thursday, September 13, 2018

Cermati Tips Memilih Susu Untuk Si Kecil Yang Kaya Nutrisi



Setelah usia 6 bulan, anak sudah masuk mulai bisa mengkonsumsi selain Air Susu Ibu (ASI). Meskipun tak dipungkiri lagi bahwa ASI adalah nutrisi anak yang paling baik untuk bayi dan memiliki banyak sekali manfaat untuk anak. kandungan gizi dalam ASI juga sangat kaya dan dapat memenuhi kebutuhan anak. Namun setelah ASI Eksklusif selesai, bunda juga harus tau cara memilih susu formula pengganti ASI yang juga memiliki banyak kandungan seperti ASI.
Memilih susu formula bagi anak tidak boleh sembarangan. Apalagi sebagai pengganti ASI, susu formula memiliki tugas dan peran yang penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Ada berbagai pertimbangan yang bisa bunda gunakan ketika memilih susu formula untuk anak. Dari memilih jenis susu formula, mengetahui kandungan gizinya sampai takaran yang dibutuhkan anak ketika meminum susu formula. Nah, kali ini kami akan bahas mengenai tips memilih susu untuk si kecil yang kaya akan nutrisi.
Cara Memilih Susu Formula Untuk Kebutuhan Nutrsi Anak
  • Jenis susu
Cara memilih susu formula untuk anak haruslah aman dan sesuai dengan kebutuhan tubuh si kecil. Jangan sembarangan pilih, karena susu formula memiliki berbagai jenis susu yang tentunya disesuaikan dengan tubuh anak. Ada sebagian anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi atau protein sapi, jadi jenis susu yang tepat adalah susu soya atau susu yang proteinnya diperoleh dari kedelai.
Sebelum bunda memilih susu untuk anak, pastikan dahulu anak tidak memiliki alergi terhadap susu formula. Bunda tak perlu khawatir karena sekarang ini sudah terdapat alternatif pengganti susu formula dengan protein sapi yaitu susu soya yang mengandung protein dari nabati atau kedelai.
  • Kandungan susu
Selain dari jenis susu, hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih susu yang tepat untuk si kecil adalah kandungan nutrisi yang terdapat pada susu tersebut. sekali lagi, bunda jangan sembarangan pilih susu formula untuk anak. Karena kandungan yang terdapat pada susu juga mempengaruhi kondisi maupun tumbuh kembang si kecil.
Bunda bisa lihat kandungan gizi yang terdapat pada kemasan susu formula anak. Lalu sebaiknya Anda memlilih susu formula yang tidak mengandung banyak glukosa. Kandungan gula yang terlalu berlebihan pada susu formula dapat meningkatkan resiko obesitas pada anak. Pastikan juga susu formula yang kamu pilih sesuai dengan tingkat usia anak. Nah, kandungan seperti protein, mineral dan vitamin yang terdapat pada susu formula bervariasi dan disesuaikan dengan usia anak.
Seperti komposisi NAN pHPro 3 dari Nestle yang memiliki nutrisi tepat untuk anak usia 1-3 tahun. Kandungan protein whey terhidrolisis parsial berkualitas tinggi, kalsium serta lemak esensial LA dan ALA, vitamin dan 9 mineral serta Bifidobacterium lactis bermanfaat untuk anak berusia 1-3 tahun.su
  • Perhatikan reaksi pada anak
Yang perlu bunda perhatikan adalah reaksi tubuh anak setelah mengonsumsi susu formula. Karena tak jarang orang tua hanya asal memilih susu formula tanpa memperhatikan efeknya untuk tubuh si kecil. Misalnya saja jika anak memperlihatkan tanda-tanda seperti diare, muntah atau cepat lelah maka bisa jadi tubuh anak tidak merespon baik susu formula yang Anda berikan alias tidak cocok. Segera mungkin periksa kan ke dokter anak sebagai upaya penanganan dan mengetahui apakah Anda perlu mengganti susu formula si kecil.
Nah. Itulah 3 tips mudah memilih susu formula untuk anak. Semoga bermanfaat bunda

No comments:

Post a Comment