Monday, September 24, 2018

Sudah Tahu Berapa Takaran Susu Yang Disarankan Untuk Batita?

Sebagian besar dari Anda pasti beranggapan membuat susu untuk bayi adalah hal yang gampang. Namun tahukah Anda sebenarnya berapa sih takaran susu bayi yang disarankan untuk batita? Ya, mungkin sebagian dari Anda belum tahu berapa takaran susu yang tepat untuk si kecil. Berapa jumlah takaran susu untuk batita setiap harinya. Nah, untuk tahu info lebih langkap tentang takaran susu untuk batita, silahkan simak ulasan kami berikut ini.

Susu baik ASI maupun formula merupakan sumber nutrisi yang lengkap untuk bayi terutama batita atau bayi dibawah usia 3 tahun. Biasanya ketika sudah mencapai usia 6 bulan lebih, ibu lebih sering memberikan susu formula daripada ASI. Namun setiap bayi juga memiliki selera masing-masing. Ada bayi yang minum susu hanya secukupnya saja, tapi ada juga yang meskipun sudah kenyang tetap menghisap botolnya sampai susu habis. Nah, perbedaan ini yang perlu bunda ketahui untuk tahu takaran susu formula untuk si kecil.

Anak dengan usia 1-3 tahun sangat penting untuk diperhatikan karena pertumbuhan dan perkembangannya akan terjadi sangat pesat. Oleh karena itu, nutrisi yang diperolehnya juga harus mendukung tumbuh kembangnya. Susu formula dari Nestle NANkid pHPro 3 merupakan nutrisi yang sangat tepat diberikan untuk anak usia 1-3 tahun yang dibuat khusus dengan protein whey terhidrolisis parsial berkualitas tinggi, kalsium serta lemak esensial LA dan ALA, vitamin dan 9 mineral serta Bifidobacterium lactis yang bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Berbicara mengenai susu formula, banyak orang tua yang belum tahu takaran susu formula untuk anak. Memang langkah yang paling tepat adalah berkonsultasi dengan dokter karena sebenarnya takaran susu formula disesuaikan dengan usia, tinggi serta berat badan bayi.
  • Takaran susu formula berdasarkan usia
Berdasarkan usia, kebutuhan dan takaran susu formula untuk anak usia batita juga dapat dihitung. Biasanya bayi baru lahir lebih sering minum susu formula, namun seiring dengan bertambahnya usia tentu kebutuhan dan takarannya juga berbeda. Untuk bayi dibawah enam bulan biasanya membutuhkan 30 hingga 90 ml susu formula. Sedangkan untuk usia lebih dari 6 bulan, membutuhkan lebih dari 100 ml susu formula.
  • Takaran susu formula berdasarkan berat badan
Untuk mengetahui takaran susu formula dari berat badan anak memang sedikit lebih susah. Namun bunda bisa gunakan sebuah persamaan sederhana untuk tahu kebutuhan susu formula pada anak Anda. Jika dengan satuan mililiter, gunakan rumus berat badan bayi (kg) x 2,2 x 2 x 30 ml untuk mendapatkan kebutuhan total susu formula dalam sehari. Untuk tahu berapa takaran pasnya per sekali minum, tinggal bagi saja dengan berapa kali anak minum susu formua dalam sehari.
Menggunakan rumus dan perhitungan di atas memang terkadang tidak akurat karena setiap anak juga memiliki kapasitas perut dan lambung yang berbeda sehingga dengan kondisi yang berbeda, kebutuhan dan ketepatan takaran susu formula juga bisa jadi berbeda. Dan bunda tidak perlu khawatir karena biasanya juga setiap susu formula memberikan rekomendasi atau informasi mengenai kebutuhan susu bayi atau formula ini sesuai dengan usia si kecil.


Nah, itulah sedikit informasi mengenai takaran susu formula pada anak batita atau dibawah usia 3 tahun. Pastikan anak mendapatkan nutrisi dan susu yang cukup dan Anda sebagai orang tua wajib tahu berapa takaran susu formula yang pas untuk buah hati Anda. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment