Monday, October 29, 2018

Ketahui Beberapa Fakta Pentingnya Protein Susu!

Memiliki anak yang sehat juga tangkas pasti idaman untuk setiap orangtua, terutama bagi seorang ibu. Ibu manapun akan melakukan banyak hal agar anak-anak mereka dapat tumbuh dengan baik, dan pastinya tumbuh kembang yang sesuai dengan gizi anak dari pemerintah. Susu merupakan salah satu sumber yang dipercaya sebagai pelengkap nutrisi bagi tumbuh kembang anak, karena didalamnya sudah terkandung protein susu.

Dan berbicara mengenai protein susu, apakah Mum sudah tahu apa yang dimaksud dengan protein susu?

Menurut Wikipedia protein susu itu sendiri adalah adalah “hasil sampingan dari produksi keju yang tadinya pada waktu sebelumnya tidak dimanfaatkan, hanya dibuang begitu saja. Namun saat ini, protein susu telah dimanfaatkan seluas-luasnya oleh industri makanan dan minuman.”

Selaon itu masih ada beberapa fakta kandungan penting protein susu lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan, yakni:

  • Kadar protein yang terkandung dalam air susu rata-rata 3.20% yang terdiri dari: 2.70% casein (bahan keju), dan 0.50% albumen. Itu berarti bahwa 26.50% dari bahan kering air susu merupakan protein.
  • Perlu Mum ketahui bahwa terdapat globulin dalam jumlah sedikit. Protein didalam air susu yang merupakan penentu seberapa besar kualitas air susu sebagai bahan konsumsi.
  • Dan di dalam Albumin juga ditemukan 5 gram per kg air susu, bila dalam keadaan larut. Didalam pembentukan keju, albumin memisah dalam bentuk whey.
  • Pada suhu 64° C Albumin sudah mulai menjadi padat, dan sifat ini identik dengan sifat protein pada telur. Akan tetapi karena kadar Albumin yang sedikit maka pada pasterisasi tidak dapat ditemukan, bahkan pada pemasakan yang dapat dilihat hanya merupakan titik-titik halus pada dinding dan dasar panci.

Tidak hanya itu saja, protein susu juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Secara umum, susu terdiri dari kandungan air dan sisa dari kandungan air tersebt itu merupakan padatan. Dan padatan dalam susu pun dibagi lagi menjadi lemak, karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Kandungan protein dalam susu terbagi menjadi dua fraksi, yaitu whey sekitar 20% dan kasein sekitar 80%.

Menurut Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, kedua jenis protein sudah pasti berbeda dan memiliki peran penting bagi tubuh kita. Whey merupakan protein yang terlarut dalam serum susu pada tingkat keasaman (pH) 4.6 dan suhu 20 derajat celcius. Dan kandungan whey yang terdapat di dalam susu diantaranya beta lactoglobulin, alpha lactalbumin, immunoglobullin, lactoferrin, dan lainnya.

Sedangkan itu sendiri merupakan sumber asam amino dari suatu protein. Adapun manfaat yang diberikan oleh kasein adalah; mencegah hipertensi, menstimulasi pembentukan energi, pertahanan terhadap bakteri dan virus, serta mengatur pertumbuhan di titik-titik tumbuh. Selain sebagai sumber protein yang baik, ternyata susu juga memiliki kandungan lemak yang sangat penting bagi kesehatan.

Banyak sekali manfaat yang diberikan protein whey untuk tubuh anak-anak, termasuk efektif untuk memperbaiki, sekaligus membangun sel otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh termasuk pencernaan, memproduksi lebih banyak hormon, enzim, dan sejumlah manfaat kecantikan, seperti merawat rambut, kulit, kuku dan lainnya.

Tidak hanya itu saja protein susu pun berperan aktif dalam memerangi infeksi, membantu pembentukan antioksidan dalam tubuh, serta berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu juga protein susu efektif untuk menetralkan toksin, serta efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.


Demikianlah ulasan mengenai beberapa fakta pentungnya protein susu untuk tubuh anak, apalagi bila Mum dukung dengan susu pendukung yang sudah dipercaya seluruh ibu di dunia. Friso yang memiliki Locknutri dimana Locknutri melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi susu, tanpa pemanasan berlebih. Dengan Locknutri, kandungan protein di dalam susu tetap terjaga, sehingga nutrisi dalam kondisi alami dan mudah diserap oleh si Kecil.

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete